Ini Dia Beberapa Phobia Seks yang Perlu Anda Ketahui


Phobia (Fobia) atau ketakutan secara berlebihan memang bisa berlaku untuk bermacam-macam alasan. Ada beberapa phobia terhadap seks yang perlu Anda ketahui.

Dalam lingkup kedokteran dan psikologi, ada beberpa phobia yang bisa menjebak diri orang yang mengalami ketakutannya sendiri yang sifatnya irasional dan bisa terjadi baik pada pihak pria maupun wanita.

Satu pendalaman minor mengenai studi seksualitas Universitas Negara Bagian San Fransisco pernah meneliti anomali dari phobia seks tahun 2008. Hasilnya pun cukup mengejutkan, 67 persen dari sukarelawan yang melakukan uji coba ini mengalami phobia seksual dan parahnya mereka tidak menyadarinya. Dalam kelanjutannya, phobia seksual tidak disadari karena manusia mungkin menganggap sebagai suatu hal yang biasa saja.

Sebaiknya Anda mewaspadai beberapa hal berikut ini, karena beberapa phobia seksual ini terasa mengerikan bagi orang yang mengalaminya. Rasa takut melihat tubuh telanjang, sampai takut untuk melakukan hubungan seksual karena satu atau sebab yang lain.

Ithyphallophobia

Phobia ini dirasakan pria yang ditandai dengan ketakutan untuk merasakan, memikirkan, bahkan menyaksikan Mr. P atau alat kelaminnya ereksi. Phobia ini ditengarai sebagai pemicu utama gagalnya terjadi sebuah hubungan intim. Beberapa pria yang mengidapnya juga tidak dapat menjelaskan phobia ini secara logis. Hanya saja, saat merasakan ereksi, timbul rasa bersalah yang begitu besar dan ketakutan untuk menyakiti lawan jenisnya. Phobia ini juga bisa dialami oleh wanita dengan nama Medorthophobia dan Phallophobia.

Oneirogmophobia

Seseorang dengan Oneirogmophobia begitu ketakutan saat tidur dirinya akan mengalami mimpi basah. Faktornya pun beragam, dari mulai takut kehabisan sperma, sampai perasaan tidak nyaman karena harus terbangun dengan cairan lengket di sekitar kemaluan.

Medomalacuphobia

Merupakan phobia karena takut kehilangan keperkasaan. Meski kerap tidak menyadari, tapi sebetulnya gejala phobia ini cukup sering dialami oleh pria. Jika sering merasa gugup saat berhubungan intim, maka ketakutan yang timbul adalah takut Mr. P akan lemas di tengah pertempuran. Uniknya, antara ketakutan yang penderita pendam bersinergi dengan realita yang dihadapi. Waspadalah, hanya kemampuan untuk mengendalikan pikiran yang dapat mengatasi hal ini.

Eurotophobia

Eurotophobia adalah phobia takut terhadap segala sesuatu yang berbau seksual. Orang yang mengidap phobia ini akan merasa mual, pusing, jijik, bahkan histeris jika membayangkan fantasi erotis, hubungan ιntιm, bahkan anti masturbasi. Banyak hal yang menyebabkan seseorang memiliki Eurotophobia, lagi-lagi faktor traumatis yang disinyalir memicu phobia ini.

Coitophobia

Phobia ini adalah ketakutan untuk berhubungan intim. Seseorang, baik pria maupun wanita yang mengalami phobia ini tidak menyadari bahwa hubungan intim merupakan kebutuhan biologis manusia dengan tujuan untuk meneruskan keturunan. Faktor utama dari timbulnya phobia ini adalah trauma akibat kekerasan seksual atau pemahaman yang sangat minim mengenai seks.

Parthenophobia

Parthenophobia adalah ketakutan yang irasional terhadap perawan atau gadis yang masih belia. Sesuai namanya, Parthenophobia. Seseorang yang mengalami Parthenophobia akan merasakan ketakutan yang tidak lazim saat ada gadis belia atau perawan yang mendekati dirinya. Beberapa ahli menyebutkan jika Parthenophobia timbul akibat traumatis yang dialami seorang pria, entah menyangkut pelecehan yang dialami atau dia menjadi saksi atas terjadinya kekerasan seksual saat masih kecil.

Anuptaphobia

Anuptaphobia adalah takut jika diri terus melajang alias menjomblo. Phobia yang satu ini sepertinya mengarah pada ‘galau jomblo menahun’. Faktornya pun beragam, bisa jadi karena rasa tidak percaya diri yang begitu besar, sampai trauma sakit hati sehingga sulit menemukan pasangan yang sesuai keinginan.

Kolopophobia

Imbas dari pengaruh Eurotophobia yaitu, Kolopophobia, yaitu takut dengan alat kelamin wanita. Pria yang mengidap phobia ini akan merasakan ketakutan, rasa mual, pusing, bahkan menghindar jika sudah berhadapan dengan organ intim wanita. Bukan berarti pria ini penyuka sesama jenis, melainkan ia merasakan suatu penolakan yang luar biasa saat harus melakukan hubungan intim seperti pada umumnya. Kolopophobia akan menstimulasi otak untuk menjauhi organ intim wanita, bisa jadi karena perasaan takut melukai atau karena ketidak nyamanan yang luar biasa dengan bentuknya.

Gymnophobia

Orang-orang yang memiliki Gymnophobia takut untuk melihat tubuh yang telanjang, baik tubuhnya sendiri maupun pasangan. Beberapa pakar berpendapat phobia ini timbul akibat trauma yang begitu besar, terutama traumatis menyangkut pelecehan seksual.

Tocophobia

Tocophobia merupakan salah jenis phobia yang dialami wanita dengan gejala takut terhadap kehamilan dan proses persalinan. Banyak faktor yang menimbulkan phobia ini, misalnya seorang wanita sama sekali tidak memikirkan bahwa dirinya suatu saat akan hamil dan melahirkan. Yang terjadi kemudian adalah penolakan untuk memiliki anak sehingga berpengaruh buruk terhadap kehidupan rumah tangganya. Tocophobia tidak sama dengan baby blues syndrome, atau depresi pasca melahirkan. Ketakutan pada Tocophobia lebih mengarah pada perubahan fisiologis wanita dan penderitaan yang dirasakan saat proses melahirkan tiba.

Menophobia

Takut akan darah, atau yang disebut juga Hemophobia mungkin dialami oleh banyak orang. Untuk Menophobia ini cenderung dialami oleh para wanita. Keduanya sama-sama takut akan darah, tapi bedanya Menophobia adalah takut dengan darah menstruasi. Faktor trauma dituding sebagai penyebab phobia ini.

Heterophobia

Heterophobia adalah phobia terhadap lawan jenis. Tak terkecuali pria, wanita pun bisa mengidap penyakit psikologis ini. Tapi, jangan samakan Heterophobia dengan homoseksual (suka dengan sesama jenis), karena seorang yang mengalami phobia ini pun belum tentu suka dengan sesama jenis. Awan Jakarta. YLWS."

0 Response to "Ini Dia Beberapa Phobia Seks yang Perlu Anda Ketahui"

Post a Comment

Blog Archive

Powered by Blogger.